SELAMAT DATANG DI BLOG IPS LUAR BIASA SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR,follow twitter @RIrfansyah100

Minggu, 28 September 2014

Dinosaurus Belum Mendominasi di Jaman Trias ??

Pada saat awal triassic super continent pangea mengalami rifting menjadi dua benua besar, yaitu laurensia yang bergerak ke arah utara dan gondwana yang bergerak ke arah selatan. Selama Trias, terjadi adanya subduksi dengan sudut penunjaman yang tajam membentuk batas barat Amerika Utara yang menyebabkan pergerakan ke arah barat dari Amerika Utara. Pergerakan ini membentuk lempeng benua dan lempeng samudra yang baru yang batasnya dikontrol oleh tektonik Cordilleran, zona subduksi ini menandai awal kemunculan sistem orogenik Sirkum Pasifik. Istilah umum Orogenesa Cordilleran diaplikasikan terhadap aktivitas pembentukan pegunungan yang dimulai selama Jurrasic dan berlanjut hingga Keonozoik. Orogenesa Cordilleran terdiri dari beberapa seri orogenesa, namum saling berhubungan satu sama lain. Sebagian besar aktivitas dari orogenesa Cordilleran berhubungan dengan pergerakan ke arah barat dari lempeng Amerika Utara.

Konfigurasi Benua Jaman Trias
Orogenesa pertama dari Corogenes Cordilleran adalah Orogenesa Nevadan yang dimulai selama Jura tengah-akhir dan berlanjut hingga Cretaceous. Selama Jura tengah-akhir, dua zona subduksi memiliki dip yang saling berlawanan arah satu sama lain, terbentuk di sekitar batas barat Amerika Utara. Pergerakan lempeng Amerika Utara ke barat menghasilkan Samudra Atlantik yang terbuka. Produk dari rifting tersebut menghasilkan banyak daerah pesisir sehingga menggeser iklim yang awalnya arid menjadi humid. Maka dari itu, banyaknya daerah gurun digantikan menjadi hutan hujan.

Evolusi Tumbuhan Jaman Trias-Jura
Pada awalnya, di zaman sebelumnya carboniferous, flora yang mendominasi adalah golongangymnospermaeginkgo, ferns dan seed ferns, lalu memasuki zaman Trias dominasi flora tergantikan oleh pohon-pohon conifer. Hal ini memicu adanya adaptasi morfologi dari fauna pada zaman tersebut. Fauna-fauna yang semula hidup di lingkungan berair (seperti jenis ikan) dan juga amfibi yang berkembang mulai beradaptasi dengan ketersediaan makanan yang ada pada Jaman Trias. Salah satu ketersedian makanan bagi golongan herbifora adalah di darat karena pohon konifer yang berkembang memberikan ketersediaan makanan yang cukup melimpah.
Telur Mengalami Evolusi menjadi Bercangkang

Salah satu adaptasi yang paling penting pada Jaman ini adalah hewan atau fauna melakukan adaptasi terhadap telur dimana hewan-hewan laut atau amfibi berkembang biak dengan telur yang hanya diselubungi oleh semacam amnion tanpa cangkang telur yang berakibat tidak dapat berkembang biak di darat, sehingga kehidupan hewan-hewan tidak sepenuhnya di darat. Oleh karena itu adptasi menjadi telur yang bercangkang mempermudah perkembangbiakan hewan sehingga dapat berkembang di daratan. Pada Jaman Trias proses evolusi terus berlangsung sehingga dominasi hewan (dinosaurus) belum terlalu mendominasi karena masih dalam tahap evolusi perubahan lingkungan hidup dari perairan ke daratan.
Evolusi yang terjadi dari Jaman Permian hingga Trias

Tidak ada komentar:

Posting Komentar